Hubungan Media dengan Body Image ??

Hai ladies J

Postingan kali ini akan membahas tentang Hubungan Media dengan body image
Mmmmhhhh ada hubungannya yaah emang ???
Yuuuk kita simak postingannya J
Selamat membaca ladies

Efek Media terhadap Body Image #1

Ketika sebuah iklan terbaru shampo, body lotion atau sabun mandi ditayangkan di televisi, seringkali kita langsung merasa bahwa kita terwakili. Terwakili, dalam arti merasa bahwa jika kita pengguna produk yang sama, maka citra diri kita seolah sama dengan apa yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Iklan memakai model-model yang dalam dunia periklanan dikategorikan sebagai ‘cantik’. Lalu, melalui pengkondisian seperti itu, kita sebagai pemirsa akan mengasosiasikan konsep kecantikan atau ketampanan, yang ditampilkan si model, dengan produk yang dipromosikannya. Padahal definisi cantik atau menarik itu sendiri sangat relatif dan berbeda, tergantung pada latar budaya mana kita memandangnya.

Sebuah teori mengatakan bahwa:
During childhood, adolescence, media exposure is part of a constellation of sociocultural factors that promote a thinness schema for girls and the muscularity schema for boys (Harrison & Hefner, 2006; Smolak & Levine, 1996; Thompson et al., 1999).

Jika kita terjemahkan secara bebas, kira-kira artinya “Selama masa kanak-kanak, remaja, liputan media merupakan bagian dari kelompok faktor-faktor sosiokultural yang mempromosikan skema kurus bagi para anak perempuan dan skema otot bagi para anak lelaki.” Ini berarti, cara pandang anak atau remaja terhadap dirinya, akan sangat dipengaruhi oleh pesan-pesan yang disampaikan lewat media, baik secara terang-terangan, maupun secara terselubung.

Dari berbagai media populer, image atau pencitraan ini ternyata sangat melekat dan berpengaruh, serta dianggap menarik dan bisa membuat media yang ‘biasanya’ mengambil suatu produk kecantikan tersebut menjadi lebih dikenal. Bahkan, dengan menggunakan image tubuh kurus, para pengelola media dan produk yang bersangkutan dapat mendulang pendapatan yang luar biasa.

Sumber: http://melekmedia.org/kajian/literasi-baru/efek-media-terhadap-pencitraan-diri-1/

Leave a comment